Selasa, 19 November 2013

Menghitung Volume Tabung pada COBOL

TEORI ORGANISASI UMUM
Program ini merupakan program cobol untuk menghitung berapa dari volume tabung, dengan membuat kodingan pada cobol, caranya dengan mengetikan 4 divisi. Terdiri Identification division, program-id. Digunakan untuk member judul program yang akan dijalankan. Data division, didalamnya terdapat working-storage section maksudnya untuk bentuk dan nama data yang diperlukan didalam proses yang disebutkan pada FILE-SECTION. Masukkan 01 var berfungsi sebagai variable yang memuat 02 jari, tinggi, dan volume terletak pada line 12 bersifat numerik (angka).



Persiapan penulisan judul, format judul dipersiapkan terlebih dahulu pada working-storage section yang nantinyaa jika akan dicetak atau ditampilkan pada procedure division menggunakan perinta write atau display. Pada program ini kita menampilkan display R berupa Jari-jari, lalu menampilkan display T berupa tinggi tabung dan compute volume untuk memasukkan rumus volume tabung 3,14 * r * r * t. Display volumenya selesai dan stop run.

Selasa, 12 November 2013

PROFIL PERUSAHAAN MULAI DARI PT, CV, FIRMA, JOIN VENTURE, KOPERASI DAN PERUSAHAAN PERORANGAN


PT GUDANG GARAM Tbk.

PT Gudang Garam Tbk. 
Merupakan sebuah perusahaan produsen rokok terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo. Perusahaan ini merupakan pemimpin dalam produksi rokok kretek. Untuk menunjang produksinya, perusahaan ini memiliki perkebunan tembakau sebesar 514 hektare di Kediri, Jawa Timur.
Gudang Garam termasuk perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 Juni 1958 oleh Tjoa Ing Hwie yang kemudian menggati namanya menjadi Surya Wonowidjojo. Tjoa Ing Hwie atau Surya Wonowidjojo lahir di Fuqing, provinsi Fujian, China. Orangtuanya migrasi ke Sampang, Madura saat usianya 4 tahun. Ketika ayahnya meninggal, beliau kemudian hijrah ke Kediri, Jawa Timur.
Pada umur 20 tahunan, Surya Wonowidjojo diberi tawaran bekerja dirumah pamannya yang dikenal dengan kretek cap 93, merk rokok kretek paling terkenal dijamannya. Pada tahun 1956, Wonowidjojo meninggalkan Cap 93 dengan membawa 50 karyawan.

Beliau kemudian membeli lahan di Kediri untuk dijadikan pabrik. Pertama kali pabriknya memproduksi rokok klobot dengan merk Inghwie, dan 2 tahun kemudian tahun 1958 beliau mengubah nama perusahaannya menjadi Pabrik Rokok Tjap Gudang Garam
Nama Gudang Garam sendiri diambil dari mimpi Wonowidjojo. Di mimpi tersebut beliau melihat gudang garam diseberang pabrik Cap 93 menonjol. Sarman salah seorang dari 50 karyawan, memberi ide untuk menempelkan foto gudang garam disetiap bungkus rokok kretek. Wonowidjojo menganggap ini adalah ide yang baik dan meminta Sarman untuk mendesain logo gudang garam.
Tahun 1984 kepemimpinan Gudang Garam beralih kepada anak kandungnya sendiri yaitu Rachman Halim dimana Rachman Halim pernah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia dan berakhir pada tahun 2008 di karenakan Rachman Halim meninggal dunia.

Sejarah PT Gudang Garam

Kiprah perusahaan rokok ini dalam dunia industri rokok di Indonesia dimulai sejak 1958, tepatnya 26 Juni 1958. Surya Wonowidjojo adalah pencetus mulainya usaha rokok kretek dengan merek dagang "Gudang Garam". Awalnya, usaha ini dimulai dengan hanya menggunakan alat tradisional yang sederhana dan jumlah tenaga kerja sekitar 50 orang.
Produk pertama yang diluncurkan oleh perusahaan ini, yaitu Sigaret Kretek Klobot (SKL) dan Sigaret Kretek Tangan (SKT). Hasil produksi perusahaan ini pada awal berdirinya (1958) hanya sekitar 50 juta batang. Pada mulanya, distribusi produk perusahaan ini hanya sekitar Kediri.
Setelah berjalan selama 10 tahun, perusahaan ini menjadi semakin terkenal sehingga pendiri perusahaan mempertimbangkan untuk mengembangkan usahanya. Pada 1969, perusahaan Gudang Garam mengubah status menjadi sebuah Firma. Hal ini dilakukan agar dapat mengikuti perkembangan dunia usaha.
Setelah perubahan status tersebut, perusahaan ini pun pun mendapat dukungan dari BNI '46 berupa sokongan dana untuk kebutuhan modal kerja. Awalnya, modal yang diberikan hanya dalam hitungan jumlah jutaan rupiah. Seiring berkembangnya usaha, modal yang disuntikan BNI pun menjadi milyaran rupiah.
Kemudian, pada 1971, status perusahaan berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan mendapatkan fasilitas PMDN. Dengan status Perseroan Terbatas, perusahaan rokok Gudang Garam semakin berkembang, baik dari segi kualitas produksi, manajemen maupun teknologi. Dengan berkembangnya usaha Gudang Garam, pada 1979, mulai diproduksi Sigaret Kretek Mesin (SKM).
Produksi sigaret kretek mesin ini tidak mengubah sifat perusahaan yang menganut sistem padat karya, bahkan semakin memperluas kesempatan kerja. Untuk memperkuat struktur permodalan dan posisi keuangan perusahaan, maka pada 1990 PT. Gudang Garam melakukan penawaran umum untuk menjual sebagian saham perusahaan pada masyarakat melalui bursa efek.
Pada 1991, perusahaan mengembangkan sektor usaha pada bidang kertas industri melalui PT Surya Pamenang yang berkedudukan di Kediri. Mayoritas kepemilikan saham PT Gudang Garam Tbk. berada pada tangan PT Surya Pamenang. Pengembangan sektor usaha ini bertujuan untuk menjamin kesinambungan pasok bahan pengepakan bermutu tinggi. Sebelumnya, kebutuhan bahan pengepakan berkualitas masih harus diimpor.

Gudang Garam Saat Ini
PT Gudang Garam merupakan salah satu produsen rokok kretek terkemuka yang menguasai pangsa pasar terbesar di Indonesia dan dikenal sebagai produsen rokok kretek yang bermutu tinggi. Dilihat dari aset yang dimiliki, nilai penjualan, pembayaran pita cukai, dan pajak pada Pemerintah Indonesia, serta jumlah karyawan, PT Gudang Garam merupakan perusahaan terbesar dalam sektor industri rokok kretek di Indonesia. PT Gudang Garam pun telah mencatatkan sebagian saham-sahamnya di lantai bursa.

Filosofi Perusahaan
Nama besar yang disandang PT Gudang Garam tidak lepas dari usaha manajemen yang menerapkan filosaofi yang dicetuskan pendiri perusahaan, Surya Wonowidjojo. Filosofi yang diterapkan di perusahaan ini dinamakan Catur Dharma Perusahaan. Berikut ini isi dari Catur Dharma perusahaan Gudang Garam.
·       Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
·       Kerja keras, ulet, jujur, sehat dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.
·       Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerja sama dengan orang lain.
·       Karyawan adalah mitra usaha yang utama.



Produk-Produk Gudang Garam
·       Gudang Garam Internasional
·       Surya 12
·       Surya 16
·       Surya Slim
·       Surya Signature
·       Surya Profesional
·       Surya Pro Mild
·       Gudang Garam Nusantara
·       Gudang Garam Nusantara Mild
·       Gudang Garam Merah
·       Gudang Garam Djaja
·       Nusa
·       Taman Sriwedari
·       Sigaret Kretek Filter Klobot

Visi dan Misi
Ø Visi
Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam industri rokok domestik.
Ø  Misi
Menyediakan produk-produk inovatif bermutu tinggi yang memenuhi, bahkan melebihi harapan konsumen sekaligus memberikan manfaat bagi semua Stakeholder.
Struktur Organisasi Perusahaan
Pada tahun 2009 PT. Surya Madistrindo berdiri dengan struktur perusahaan yang terdiri dari beberapa bagian divisi dengan masing – masing tugas yang memiliki tanggung jawab dan kewajibannya masing – masing, salah satunya adalah divisi marketing. 
Divisi marketing merupakan salah satu ujung tombak perusahaan, karena segala sesuatu kegiatan pendistribusian rokok kepada konsumen merupakan tugas utama divisi marketing. Dimana divisi marketing memiliki tugas dan kewajiban sebagai Trade Promotion dan Consumer Promotion,hal tersebut tersebut merupakan pendistribusian rokok secara langsung kepada konsumen dengan berbagai kegiatan.
Dalam perusahaan PT. Surya Madistrindo, hanya ada divisi marketing dan divisi Public Relation pada PT. Surya Madistrindo masih methods of communication karena hampir dari keseluruhan kegiatan dari divisi Marketing sudah mencakup kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh Hubungan Masyarakat. Dimana kegiatan dari Marketing juga berhubungan langsung dengan masyarakat luar.

CV. GRAHA CIPTA MANDIRI

Sejarah Singkat Perusahaan

CV. GRAHA CIPTA MANDIRI didirikan oleh sekumpulan pemuda yang dinamis dan memiliki tekat untuk maju dan berkembang dalam dunia usaha dan konstruksi dengan melihat perkembangan ekonomi, pembangunan dan Meningkatnya Dunia Teknologi Multimedia di Indonesia khususnya Sumatera Utara yang sangat memungkinkan untuk berkembang menuju kota Metropolitan. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Kontraktor , Perdagangan (barang dan jasa), Leveransir dan Teknologi Multimedia.
CV. GRAHA CIPTA MANDIRI didirikan pada hari Senin tanggal delapan (8) Januari dua ribu dua belas (2012). Dihadapan notaris Rudi Tua Panjaitan, Sarjana Hukum, Notaris di Medan.
CV. GRAHA CIPTA MANDIRI berkedudukan di Medan dan mempunyai cabang atau perwakilan di tempat lain yang ditentukan oleh direksi. Adapun Maksud dan tujuan perseroan ini adalah :
Ø  Menjalankan usaha dalam bidang pembangunan dan konstruksi baik sebagai pemborong bangunan/kontraktor maupun sebagai pemborong bangunan rumah-rumah (real estate), perencanaan, pelaksanaan, maupun pembuatan gedung-gedung, jembatan-jembatan, jalan-jalan, pengairan, irigasi, Pengadaan Barang dan Jasa, Survey dan Pemetaan, baik dengan langsung maupun dengan tidak langsung yang berhubungan dengan itu dan dalam arti kata yang seluas-luasnya.
Ø  Menjalankan usaha-usaha dalam bidang perdagangan penyedia barang dan jasa padabidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan baik instansi pemerintah maupun swasta juga termasuk import, eksport, interinsuler, lokal dan eceran, grosir, distributor dan agen/perwakilan dan segala macam barang dagangan.
Ø  Mendirikan dan menjalankan perusahaan dalam jasa pengadan bidang Teknologi Mutimedia, Pembuatan Program dan Design Digital Multimedia termasuk membuat video digital, Video Dokumenter, foto digital, design dan cetak Spanduk, Banner, Baliho, neon box dan buku, dll
v  Visi
Menjadi perusahaan swasta nasional terdepan di industri jasa konstruksi, Perdagangan, Pengadaan Barang dan Jasa, berkembang secara berkesinambungan, memberikan kesejahteraan kepada karyawan, pengurus, pemegang saham dan stake holder lainnya dan mencapai konsep tata kelola perusahaan yang baik.
v  Misi
Untuk mencapai visi tersebut, CV. Graha Cipta Mandiri menerapkan misi antara Lain :
1. Pemberdayaan maksimal dari enam pilar usaha Konstruksi dan Perdagangan : Pemasaran, Operasional,      Keuangan, Sumber Daya Manusia, Mutu dan Teknologi Informasi.
2. Menyamakan persepsi diantara pengurus untuk mempertahankan nilai-nilai perusahaan dan mencapai tujuan bersama.
3. Penerapan prinsip Ketelitian dan Kebijakasanaan dalam pengambilan keputusan dan tata kelola perusahaan yang baik.
4. Peningkatan kompetisi di era globalisasi lewat kerjasama dengan perusahaan kontraktor nasional maupun internasional.

CV Mitra Informatika
CV Mitra Informatika berdiri pada tahun 2010, yaitu sebuah perusahaaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang berfokus pada pengembangan sistem informasi, teknologi internet dan telekomunikasi.Motto kami “IT Specialist “ merupakan potret penyedian jasa solusi atas kebutuhan mitra kami dalam pengembangan, paket pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi informasi
Tim Mitra Informatika memiliki spesialisasi di bidang Teknologi Informasi dan Industri Telekomunikasi, sehingga memiliki pemahaman yang komprehensif dan aktual mengenai pemanfaatan IT bagi para mitra.
v  Visi
Menjadi perusahaan yang kompeten, profesional, berkualitas dan terpercaya dalam pengembangan, pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai wilayah di Indonesia.
v  Misi
Mengembangkan Product IT yang berkualitas dan Kompetitif
Memberikan servis yang profesional kepada mitra
Mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan
Mengembangkan inovasi terbaik dan terkini dalam setiap produk
Meningkatkan benefit dan nilai tambah bagi mitra

Keunggulan :
ü  CV. Mitra Informatika memiliki tim yang solid, berdedikasi dan memiliki integritas tinggi, berpengalaman dan profesional dibidang IT
ü  CV. Mitra Informatika mampu  menganalisis dan memetakan kebutuhan bisnis dan teknologi yang diperlukan untuk dapat menawarkan solusi  IT terbaik kepada mitra
ü  CV. Mitra Informatika dapat memberikan solusi pelatihan, spesifik sesuai keinginan, kebutuhan dan kondisi mitra, dengan tetap menunjung tinggi nilainilai profesionalitas dan kenyamanan mitra dalam pelayanan kami.
ü  CV. Mitra Informatika memberi jaminan kepuasan pelanggan, kualitas prima dan pelayanan terbaik dalam setiap pengembanga sistem,  penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan dan lainnya


Produk dan Jasa
·         E- Goverment, Merupakan aplikasi yang memberikan solusi informasi untuk pemerintahan, antara lain :  Web, Sistem satu atap meliputi (Sistem Administrasi Kepegawaian, Sistem Administrasi Kependudukan, Sistem Informasi Satu Atap, dll)
·         Development & Integration, Merupakan penyediaan pada mitra yang berupa solusi aplikai, pengembangan dan integrasinya dengan sistem yang lain sesuai dengan kebutuhan mitra.
·         IT Training, Merupakan penyediaan layanan Taining IT untuk pengembangan SDM pendidikan/perusahaan/pemerintah dengan teknologi dan konsep yang berhubungan dengan aspek IT. Training meliputi : Aplikasi Perkantoran & Internet, Database, Pemrograman, Instalasi Komputer , Troubleshooting , Jaringan komputer, Analisis Data, Grafik Design, Multimedia & Animasi

Firma Kop Jaya
Tanggal Bergabung:
18 Apr. 2008
Terakhir Diperbarui :
08 Jul. 2008
Korespondensi Perusahaan
Nama
TUAN HENDRA LITHA [Pemasaran]
E-mail
Nomer HP
08124298437
Nomer Telpon
0411-322627
Alamat
jln.Sungai Saddang no.3 ,Makassar
Makassar 90113, Sulawesi Selatan
Indonesia
Sifat Dasar Usaha:
Dagang dari kategori Agraris
Penjelasan Ringkas
Bergerak perdagangan hasil bumi berupa Biji kopi arabica toraja

JOIN VENTURE

PT GarudaFood segera mendirikan perusahaan patungan bersama Suntory Beverage & Food Limited (SBF). Kesepakatan ini telah ditandatangani Kamis kemarin (14/7). Perusahaan joint venture ini bergerak di bisnis minuman non alkohol. “Bisnis ini sesuai dengan corporate core values perusahaan,” kata Sudhamek AWS, Group CEO GarudaFood, Jumat (15/7). Ia menjelaskan bahwa SBF adalah salah satu divisi dari Suntory Group yang memproduksi minuman non alkohol dengan beberapa merek dagang seperti Suntory Oolong tea, Boss dan Orangina.
Kerjasama ini dilakukan dengan struktur kepemilikan 51% oleh SBF dan sebesar 49% saham perusahaan ini dimiliki GarudaFood. “Keputusan untuk memilih SBF sebagai strategic partner dengan struktur kepemilikan saham seperti itu, dilakukan oleh GarudaFood dengan tiga pertimbangan,” beber Sudhamek.
Pertama, salah satu strategi pertumbuhan GarudaFood untuk mewujudkan Visi dan Goal 2015 nya adalah melalui strategic partnership.
Kedua, sebagai “King of Snack”, GarudaFood di bisnis minuman, praktis masih sebagai pendatang baru.
Ketiga, SBF merupakan Know-How Strategic Partner dengan Core Competencedi bidang minuman non alkohol. “Maka diharapkan SBF akan bisa menjadi andalan bagi pertumbuhan bisnis GarudaFood terutama di industri minuman di masa mendatang baik di Indonesia maupun di luar negeri,” lanjutnya.
Informasi saja, Suntory Group merupakan perusahaan minuman terbesar kedua di Jepang yang memiliki total penjualan sebesar Rp 183 Triliun atau setara dengan ¥ 1,7 triliun di tahun 2010. Perusahaan ini memiliki jangkauan pasar di beberapa kawasan yaitu Asia, Amerika, Eropa, Australia dan Selandia Baru.
Suntory Group, yang memperoleh peringkat AA dari JCR (Japanese Credit Rating) dan A3 dari Moody’s. Menurut Sudhamek, perusahaan asal Jepang tersebut telah bertekad menjadikan Indonesia sebagai salah satu production base mereka di Asia Tenggara. Sementara itu, SBF telah mencanangkan target menjadi yang terdepan di industri minuman di Indonesia.

KOPERASI

PROFIL PERUSAHAAN

Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III berkedudukan di Jalan Perak Barat No 239 A Surabaya, No telepon (031) 3282339, 3285929 Fax. (031) 3298114. Didirikan pertama kali berdasarkan Rapat Pembentukan tanggal 16 Juni 1977 dan kemudian disahkan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Koperasi Wilayah Jawa Timur tanggal 12 April 1978 badan hukum No : 4018/BH/II/78 dengan nama Primer Koperasi Karyawan Maritim Indonesia.
Dalam perkembangannya, Akta Pendirian Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III telah mengalami perubahan, perubahan yang terakhir sesuai dengan akta tertanggal sembilan belas bulan Agustus tahun dua ribu empat (19-08-2004), yang telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Negara Urusan Koperasi, usaha kecil dan Menengah Republik Indonesia tertanggal Sepuluh Mei tahun dua ribu lima (10-5-2005) Nomor : 01 / PAD / 436.4.13 / 2005.

Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah kerja pada umumnya serta menjadi gerakan ekonomi rakyat untuk ikut membangun tatanan perekonomian nasional.
Dalam meningkatkan kinerja, produktivitas dan pelayanan kepada Anggota Koperasi, Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III mempunyai Motto CASH, yang berasal dari kata - kata :Cash, Attention, Satisfaction, Humanity.

PERUSAHAAN PERORANGAN
Profil SAE Collection
Sejarah Singkat
SAE. Collection adalah perusahaan perseorangan yang dijalankan oleh Emi Suhaemi. Perusahaan ini bergerak di bidang Industri Alas Kaki dan Tas, dimana alas kaki dan tas tersebut terbuat dari kulit asli dan berkualitas, untuk alas kaki (sepatu) tersebuti terbuat dari kulit sapi yang di oleh menjadi bahan jadi, sehingga alas kaki tersebut nyaman dipakai dan kuat untuk jangka waktu 3 tahun ke depan.
keunggulan yang dimiliki perusahaan tersebut adalah bahan baku yang bermutu, kulit asli yang diolah sedemikian rupa menjadi kulit pilihan, bergaransi, outsole maupun insole pilihan, nomor sepatu dari ukuran wanita 36 s/d 41, sedangkan untuk pria 38 s/d 48, model bias di pean sesuai selera. Proses pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pasar yang cukup besar dengan trend yang terus meningkat.
Adapun tujuan SAE. Collection adalah :
A. Untuk menciptakan model-model terbaru dari produk tersebut
B. Sebagai pusat kreativitas pembuatan alas kaki dan tas
C. Mampu mengembangkan sumber daya yang ada
D. Mampu bersaing dengan pasar luar
E. Dapat menciptakan lapangan pekerjaan

VISI dan MISI

Ø  Visi
Menciptakan suatu kreativitas yang baru untuk kebutuhan pasar / konsumen, yang maju, dan mandiri dalam hal pembuatan alas kaki dan tas
Ø  Misi
• Menciptakan lapangan pekerjaan dalam dunia kewirausahaan
• Memasarkan produk – produk dalam negeri ke konsumen local maupun mancanegara
• Mencintai produk dalam negeri

DATA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan
: YAKSHI ,Merk SAE. Collection
Bidang Usaha
: Industri Alas Kaki dan Tas
Jenis Produk/Jasa
: Usaha Kecil Menengah (UKM)
Alamat Perusahaan
: Jl. Super Puma IV/02 RT. 04/29 Komp Melong Green Garden Kel.Melong Kec. Cimahi Selatan

Kota Cimahi - 40534
No. Telepon
: 022 - 6000797
Alamat E-mail
: sae_collection@yahoo.com
Bank Perusahaan
:Bank JABAR Cimahi
No. Rekening Bank
: 0001263838100 Bank JABAR Cab. Cimahi
Mulai Berdiri
: 1992
Izin Usaha

SIUP Nomor
: 00220/HERSIUPPK/VI/2006
TDP Nomor
: 102455216722
SITU Nomor
: 511.3/422/HRITU/VI/06
NPWP Nomor
: 6.964.244.5-421

BIODATA PEMILIK / PENGURUS
Nama
: Emi. S. Z
Jabatan
: Pimpinan
Tempat dan Tanggal Lahir
: Jakarta 04 Agustus 1961
Alamat Rumah
: Jl. Super Puma IV/02 RT. 04/29 Komp Melong Green Garden Kel.Melong Kec. Cimahi Selatan

Kota Cimahi - 40534
Nomor Telepon
: 081 809 121 687
Alamat E-mail
: soleh_yusuf@yahoo.com
Pendidikan Terakhir
: SMU
Pengalaman Kerja
: Wiraswasta




Dari Berbagai Sumber Referensi :